3.Macam Google Adsense

Ada beberapa macam iklan Google Adsense, diantaranya:
a.ADSENSE for CONTENT
b.ADSENSE for SEARCH
c.ADSENSE for REFERAL
Berikut adalah masing masing penjelasannya:


a.ADSENSE for CONTENT
Menampilkan iklan-iklan dari mereka yang memasang iklan di Google (Google Adwords). Format tampilan dapat bermacam-macam, ada yang berupa gambar, ada pula yang hanya teks. Keduanya terbagi-bagi lagi dalam bermacam-macam bentuk antara lain :
- Leaderboard (iklan memanjang horisontal), biasanya dipasang pada atas halaman web.

- Banner (mirip Leaderboard tetapi dengan ukuran lebih
kecil)

- Scycrapper dan Wide Skycrapper (memanjang vertikal),
biasanya dipasang di pasang sebelah kiri (atau kadang
kanan) dari halaman web.

- Square, Medium Rectangle, dan Large Rectangle (iklan
berbentuk segiempat), biasanya dipasang pada
permulaan atau pertengahan artikel.
Untuk lebih jelasnya silakan klik link di bawah ini :
https://www.google.com/adsense/adformats
Pilihan warna border dan teks pun ada bermacam-macam.
Tipe palet iklan yang terdapat di halaman web pada URL di atas adalah “Mother Earth” (silakan Kamu klik & lihat halaman tersebut secara online).
Palet ‘Mother Earth’ mempunyai tampilan yaitu link Judul berwarna biru, keterangan iklan berwarna hitam dan border biru tua.

Kamu bisa memilih yang lain dan sesuaikan dengan halaman web Kamu. Namun pada umumnya tipe palet stkamur lebih disukai Adsense publisher maupun pengunjung.

Kamu boleh memasang maksimum 3 buah Adsense for
Content dalam setiap halaman web Kamu. Google akan
‘membaca’ tulisan yang terdapat di halaman web dimana
Kamu memasang iklan Google, dan secara otomatis.mereka akan menyesuaikan iklan apa yang ditampilkan.
Jadi jika Kamu menulis tentang ‘bisnis internet’, maka Google akan menampilkan iklan-iklan senada. Bila Kamu menulis tentang beternak ikan, bermain musik, pendidikan, maka iklan-iklan Google pun akan disesuaikan.

Kamu juga bisa mem-filter iklan-iklan tertentu untuk tidak tampil di website Kamu, khususnya iklan-iklan dari pesaing Kamu (mereka yang menjual produk/ service yang sama dengan Kamu).

b.ADSENSE for SEARCH
Menampilkan fasilitas Search Engine Google di website
Kamu. Kamu akan dibayar jika ada yang menggunakan fasilitas Search engine tersebut. Harap bedakan dengan Google Free Search.
Baik Adsense for Search maupun Google Free Search melakukan pencarian sesuai kata yang kita masukkan. Keduanya pun bisa dipasang di website kita dengan gratis.
Perbedaannya, Kamu akan dibayar jika ada pengunjung yang mencari lewat Adsense for search, sementara bila Kamu memasang Google Free Search , Kamu tidak akan dibayar meskipun banyak pengunjung Kamu menggunakannya.
Kamu bisa memilih apakah mengadakan pencarian web saja atau juga pencarian situs (domain tertentu). Kamu bisa memasukkan sampai 3 URL (nama domain ) yang berbeda.

Kelebihan lainnya dari adsense for Search selain dapat menghasilkan uang adalah Kamu dapat menyesuaikan halaman hasil pencarian, Kamu dapat memasukkan Logo serta warna yang diinginkan, terdapat 200 pilihan warna.

Sama seperti Adsense for Content, Kamu juga dapat mem-filter hasil pencarian agar tidak menampilkan iklan tertentu.
Bahkan Kamu juga dapat memilih pencarian untuk kategori tertentu saja bagi fasilitas Adsense Search yang Kamu sediakan di situs Kamu. Bila fitur ini di non aktifkan maka Google aka melakukan ‘public search’ seperti biasa (menampilkan semua kategori).

c.ADSENSE for REFERAL
Saat ini terdiri dari 4 macam (dikemudian hari bisa bertambah lagi yang berkolaborasi dengan Google) yaitu:
- Referal untuk “Google Adsense”
Menampilkan tombol Referal, yaitu tombol yang mengarahkan pengunjung untuk mendaftar Adsense melalui referensi Kamu ( mungkin Kamu lebih terbiasa dengan kata “sponsor”). Ada bermacam warna dan bentuk tombol yang dapat Kamu pilih.
- Referal untuk Google Adwords
Menampilkan tombol referal dimana pengunjung dapat mendaftar Google Adwords atas dasar referensi Kamu.
- Referal untuk Firefox
Menampilkan tombol dimana pengunjung dapat diarahkan ke halaman Google untuk mendownload Browser Mozilla Firefox. Ketika pengunjung yang belum pernah menginstall Firefox di komputer mereka, (misalnya sebelumnya memakai Internet Explorer ) kemudian mereka menginstal Firefox melalui referensi Kamu dan menjalankan browser tersebut untuk pertama kalinya, maka Kamu akan mendapat income dari Google.
- Referal untuk Picasa
Menampilkan tombol dimana pengunjung dapat diarahkan untuk mendownload Software Photo Organizer.

Tersedia versi Freeware nya yang bagus dan cukup canggih. Perlu dimiliki bila Kamu adalah pengguna digital camera, atau handphone camera, ataupun sekedar hobby mengoleksi berbagai photo dan image.
(Software ini bekerja pada operasi Windows dan Internet Explorer 5.5 ke atas)
Ketika ada seseorang /pengunjung datang ke situs Kamu, mengklik link Referal seperti di atas ini, mendownload dan kemudian menginstall software ini di komputer mereka, maka Kamu mendapat 1 (satu) dollar (US) dari Google

Comments

Popular posts from this blog

How to Profit from Disaster!